-->

Informasi Resep dan Cara Terbaru

Resep dan Cara Membuat Gurame Goreng Kering

Sajian masakan atau makanan dari ikan merupakan salah satu sajian yang banyak sekali disukai oleh orang banyak. Berbagai sajian dari ikan yang menjadi favorit keluarga dan juga banyak orang dari hampir semua usia dan kalangan antara lain adalah ikan gurame, ikan kuah kuning, ikan woku belanga, ikan patin, ikan mujahir, ikan kakap, ikan salmon, dan masih banyak lagi pilihan sajian dari ikan yang bisa anda pilih. Ikan mengandung banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah protein, dan juga berbagai vitamin dan omega. Oleh karena itu, ikan banyak disajikan bukan hanya dagingnya saja, namun juga minyak ikan nya yang terkenal. Ikan juga memiliki rasa yang gurih dan lezat, dipadukan dengan berbagai jenis bumbu yang khas, membuat ikan semakin banyak diminati. Cara memasak ikannya pun sangat beragam, ada yang digoreng, ada yang dibakar, direbus, dan dikukus, semua teknik memasak tersebut tidak akan menghilangkan cita rasa ikan namun menambah cita rasa dan selera anda. Salah satu sajian yang paling banyak diminati adalah ikan gurame yang terkenal lezat dan gurih, yaitu Gurame Goreng. Ikan gurame goreng ini banyak sekali disajikan di rumah makan dan di kedai kedai sampai di restoran berbintang dengan berbagai bumbu. Namun, anda bisa membuatnya di rumah yang tidak kalah lezat dan gurihnya, berikut adalah caranya:
Gurame Goreng Kering

Bahan:

  • 500 gr (1 ekor) ikan gurame
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1.500 ml minyak goreng

Bumbu, haluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Belah sampai ¾ bagian sisi kanan dan sisi kiri ikan gurame ( jangan sampai terputus) lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan selama 15 menit.
  2. Lumuri ikan gurame dengan bumbu halus, biarkan 30 menit agar bumbu meresap.
  3. Panaskan minyak, goreng ikan gurame dengan posisi berdiri. Gunakan dua penjepit untku memegangi ikan agar dagingnya berbentuk seperti kipas. Goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Gurame Goreng Kering