-->

Informasi Resep dan Cara Terbaru

Cara Membuat Bulgogi Khas Korea

Korean wave atau yang biasa dikenal dengan hallyu merupakan gelombang arus berbagai aktifitas dan efek dari hal-hal yang berasal dari Korea seperti K-pop, K-drama, dan masih banyak lagi yang berimbas pada hampir semua orang yang ada di dunia.

Korea bisa diakui merupakan sebuah negara yang memberikan pengaruh besar terhadap banyak orang yang dimulai dengan musik dan industri hiburan negara ginseng tersebut. Sebut saja boyband boyband dan girlband yang sedang naik daun dan membawa Korea menjadi lebih terkenal seperti SNSD, EXO, Super Junior, dan masih banyak lagi. Ada juga K-drama yang fenomenal seperti Boys Over Flower, dan lain sebagainya.

Korea terkenal dengan aktor dan aktrisnya yang memiliki wajah yang tampan dan cantik. Mungkin beberapa dari mereka melakukan operasi plastik namun ada juga yang cantik alami tanpa operasi. Dan Korea juga terkenal dengan operasi plastik yang tertinggi di dunia. Namun, hal itu bukanlah penghalang bagi para penggemar K-poppers untuk mengagumi idola mereka. Selain musik, industri hiburan, fashion, budaya,

Korea juga memiliki banyak sekali ragam makanan yang menarik dan menggiurkan. Beberapa jenis makanan Korea yang sering kita dengar, atau lihat di K-dramas dan mungkin juga di restoran-restoran khusus makanan Korea adalah Bulgogi, Kimchi, Teokbokki, Ramen, Bibimbap, dan lain sebagainya.

Restoran-restoran yang menyajikan masakan khas Korea juga sudah semakin banyak menyebar tidak hanya di ibu kota tapi juga bisa ditemui di kota-kota yang ada di Indonesia. Dan terbukti bahwa masakan khas Korea banyak sekali digemari oleh masyarakat. Salah satunya Indonesia. Dan salah satu masakan Korea yang banyak digemari adalah Bulgogi.

Bulgogi merupakan sajian sederhana berbahan dasar daging sapi yang diolah dan dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan hidangan yang sangat menggiurkan, enak, lezat dan pastinya halal. Jika anda penggemar Bulgogi, anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah. Seperti apa cara membuat masakan khas Korea tersebut? Berikut adalah cara membuat Bulgogi.

Cara membuat Bulgogi

 

Bahan-Bahan:

  • 2 pons daging sapi sirloin yang diiris tipis
  • 3 siung bawang putih dihaluskan
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 1 bawang bombay, iris tipis
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdm madu
  • ¼  sdt lada hitam dan ½ sdt gula pasir dan
  • 1 sdm gochujang
  • 1 kepala daun selada

Cara Membuat Bulgogi :

  1. Iris daging sampai empuk dengan ukuran sesuai selera
  2. Mangkok yang berisi bahan bahan campurkan dengan rata
  3. Tuangkan bumbu ke dalam daging dalam mangkok dan campur dengan tangan. Pastikan daging terbumbui dengan rata dan meresap.
  4. Bungkus daging dengan plastik dan diamkan selama 1 jam
  5. Siapkan meja Hibachi atau jika tidak punya gunakan teflon, dan masak dengan melintang
  6. Balik balikkan bulgogi hingga matang rata, dan sampai berkaramel.
  7. Siapkan mangkok yang berbeda, campurkan gula dan gochujang
  8. Tambahkan minyak wijen ke dalam campuran gula dan gochujang tersebut
  9. Masukkan daging, taburi dengan wijen, dan sajikan dengan daun selada

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Bulgogi Khas Korea