-->

Informasi Resep dan Cara Terbaru

Resep dan Cara Membuat Sop Konro

Apakah anda menyukai kuliner khas Makassar? Jika ya, mungkin juga anda menyukai masakan atau sajian makanan yang satu ini, ialah Sop Konro yang sangat terkenal. Sop Konro merupakan sup iga sapi yang diolah dan juga di masak dengan berbagai bumbu yang meresap ke dalam lapisan demi lapisan dagingnya yang membuat sop ini sangat lezat dan gurih sehingga disukai oleh banyak orang. Masakan ini berasal dari tradisi Bugis di Makassar. Sop Konro berwarna cokelat kehitaman yang hitamnya berasal dari buah kluwek yang memang berwarna seperti itu. selain itu, sop konro juga disajikan dengan ketupat yang telah dipotong potong terlebih dahulu. Mengapa sop konro sangat banyak sekali disukai dan diminati oleh tidak hanya oleh masyarakat Makassar tetapi juga menyebar luas ke hampir seluruh pelosok wilayah di tanah air? yaitu karena cita rasa dari sop konro ini yang memang sangat lezat dan gurih. Cita rasanya  yang begitu kuat karena ketumbar, juga berpadu dengan bahan dan bumbu lain yang meresap dan menimbulkan cita rasa yang khas dan disukai. Selain sop konro, juga ada variasi lain yaitu konro bakar. Yaitu iga konro yang dibakar dengan bumbu seperti sop konro.

Resep dan Cara Membuat Sop Konro

 

Bahan:

-    2.000 ml air, didihkan
-    1.000 gr iga sapi, iris sesuai ruas
-    3 cm kayu manis
-    3 butir cengkih
-    3 cm lengkuas, memarkan
-    2 lembar daun salam
-    2 sdm air asam jawa
-    ½ sdt garam
-    3 sdm minyak goreng
-    5 butir bawang merah, iris halus

Bumbu, haluskan:

-    5 butir bawang merah
-    3 siung bawang putih
-    1 sdt lada putih butiran
-    ½ sdt pala
-    2 sdm keluak
-    ½ sdt garam

Cara membuat:

1.    Rebus iga di atas api sedang bersama kayu manis, cengkih, lengkuas, daun salam, air asam jawa, dan garam hingga empuk.
2.    Sambil menunggu iga empuk, panaskan minyak goreng. Tumis irisan bawang merah dan bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan iga. Aduk rata.
3.    Teruskan memasak hingga air mendidih dan iga empuk. Matikan api dan sajikan selagi hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep dan Cara Membuat Sop Konro