-->

Informasi Resep dan Cara Terbaru

Cara Membuat Kimchi khas Korea

Negeri Ginseng atau Korea terkenal dengan dunia hiburannya yang sangat merajalela seperti K-pop, K-drama, dan fashionnya. Banyak juga orang meniru gaya gaya yang berbau Korea seperti cara berpakaian, potongan rambut, dan lain sebagainya.

Selain disukai karena industri musik dan perfilmannya, Korea juga disukai berbagai masakannya seperti Bulgogi, Kimchi, Teokbokki, dan lain lain. Meskipun kini sudah banyak sekali restoran yang menyajikan masakan khas Korea, namun alangkah senangnya jika anda bisa membuat masakan Korea kesukaan anda di rumah.

Salah satu masakan khas Korea yang banyak sekali disukai adalah kimchi. Kimchi merupakan sawi yang difermentasi sehingga menghasilkan rasa yang agak asam asam namun mengandung banyak vitamin karena menggunakan sayur sayuran yang sehat dan segar. jika anda sering menonton K-drama atau mengikuti kegiatan penyanyi dan entertain K-pop idola anda, mungkin anda akan sering melihat mereka yang menyantap Kimchi yang berwarna oranye cerah yang menggiurkan tersebut.

Kimchi juga biasa dimakan pada saat musim dingin. biasanya, beberapa dari mereka membeli di pasar untuk persediaan Kimchinya pada saat musim dingin. ada juga yang membuat Kimchi di rumah karena cara pembuatannya yang cukup mudah dengan bahan bahan yang juga mudah didapatkan.

Jika anda salah satu penyukai Kimchi, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuatnya di rumah. Selain untuk mengetahui bagaimana cara membuat kimchi, juga untuk menjamin kebersihan dan kesehatannya. Berikut adalah cara membuat Kimchi

Cara membuat Kimchi

Bahan bahan:

  • Satu buah sawi putih besar
  • ½ batang lobak putih, iris memanjang dan tipis
  • 4 batang daun bawang iris iris
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 ruas jahe, haluskan
  • 6 sdm bubuk cabe Korea atau bubuk cabe biasa juga bisa
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • ½ gelas garam laut kasar (butirannya besar)
  • Air secukupnya
  • 2 sdm saus ikan Korea atau saus ikan biasa juga bisa

Cara membuat Kimchi

  1. Cuci sawi hingga bersih sekali sampai ke lembaran paling dalam sawi, tanpa dipotong dan biarkan utuh seperti itu.
  2. Tuangkan ½ gelas garam laut dengan air ke dalam wadah, lalu rendam sawi dalam larutan air tersebut hingga 6 jam.
  3. Setelah direndam, cuci lagi sawi hingga bersih sampai lipatan terdalamnya dan jika ingin, bisa dipotong menjadi dua bagian.
  4. Campurkan gula, bubuk cabai, jahe, bawang bawangan, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam. Balurkan kesemua bahan tersebut dengan merata pada sawi hingga ke sela sela terdalamnya sambil agak diremas agar sawi meresap bumbunya.
  5. Taruh di dalam wadah tertutup dan rapat atau kedap udara (lebih bagus jika menggunakan toples kaca) lalu diamkan selama dua hari, agar bumbu meresap pada sawinya.
  6. Setelah didiamkan dua hari, Kimchi sudah bisa disantap

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Kimchi khas Korea