-->

Informasi Resep dan Cara Terbaru

Cara membuat playdough aman untuk anak anak

Mainan merupakan sebuah benda yang wajib dimiliki oleh anak anak. Selain untuk menghiburnya, juga untuk melatih otak dan kecerdasan si anak tersebut agar perkembangan otaknya optimal dan juga tidak terhambat. Mainan selain sebagai hiburan dan untuk melatih otak, juga berfungsi sebagai alat belajar dari kecil.

Ternyata, mainan tidak hanya disukai oleh anak anak yang berusia 3 tahun keatas saja, tapi juga disukai oleh remaja, bahkan orang dewasa. Sebagai contoh, boneka barbie yang banyak dimiliki oleh anak anak perempuan saat masih kecil, ternyata juga disukai oleh banyak remaja dan dewasa yang rajin mengoleksi berbagai versinya. Bahkan ada yang memiliki dan mengoleksi boneka barbie sampai hampir memenuhi lemarinya. Begitu juga dengan salah satu mainan kesukaan anak laki laki yaitu mobil mobilan kecil. 

Bukan hanya anak kecil laki laki yang suka memainkan mini car tersebut, buktinya sampai sekarang, banyak sekali orang dewasa yang mengoleksinya sampai dibuatkan lemari khusus untuk menyimpan mini car mini car kesayangannya yang beragam warna dan model tersebut. Mainan untuk anak anak kebanyakan dibuat dengan bahan yang terbuat dari plastik, dan kayu yang ringan dan halus.

Mainan yang terbuat dari bahan plastik cenderung ringan untuk dibawa atau juga jika si anak terjatuh dan mengenai mainan tersebut, tidak akan menimbulkan cedera yang berat atau parah. Selain itu juga jika mainan terlempar ke anggota tubuh si anak, mainan plastik tidak akan sampai melukainya. 

Begitu juga dengan bahan kayu yang ringan, dan sudah dihaluskan sehingga cukup aman untuk dimainkan dan cenderung lebih kuat. Masih banyak bahan mainan untuk anak anak untuk dimainkan misalnya juga adalah  dengan bahan yang terbuat dari busa, kain, dan lain sebagainya.

Salah satunya juga adalah yang terbuat dari lilin. Lilin mainan sudah banyak sekali dipasaran dengan warna warna yang cerah dan menarik perhatian si anak untuk bermain dengan lilin mainan tersebut. Namun, untuk memastikan lilin mainan yang aman untuk anak anak anda, anda bisa membuatkan dough atau adonan untuk bermain. Berikut adalah caranya yang sangat simple dan benar benar aman jika termakan oleh anak kecil.

Cara membuat playdough

Bahan bahan yang dibutuhkan:

-    2 gelas terigu
-    2 sdm maizena
-    3 sdm minyak goreng
-    1 gelas garam halus
-    Pewarna makanan aneka warna

Cara membuat playdough:

1.    Campur terigu, maizena, dan garam di sebuah wadah dan beri air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan lembut
2.    Beri minyak dan aduk kembali sampai halus
3.    Bagi adonan menjadi beberapa bagian, dan tetesi dengan pewarna di masing masing adonannya, lalu campur kembali hingga warnanya merata.
4.    Dough sudah siap untuk dimainkan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara membuat playdough aman untuk anak anak